Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe

Cara reset HP Xiaomi sendiri bisa Anda lakukan dengan 2 metode, yaitu lewat recovery dan lewat pengaturan. Bagaimanakah langkah lengkapnya? Begini caranya

Reset atau install ulang merupakan salah satu metode paling mudah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pada perangkat lunak ponsel Xiaomi.

Metode reset HP Xiaomi sendiri bisa mengatasi berbagai kerusakan layaknya ponsel bootloop, sering restart sendiri, mati total (matot), lupa pola dan ketika hp mulai lemot.

Selain itu, reset HP Xiaomi merupakan langkah paling awal yang harus Anda lakukan sebelum memilih langkah perbaikan dengan metode flash (Baca Cara Flash Redmi 2).

Karena pada dasarnya reset pada ponsel android maupun iOS bekerja dengan cara menghapus berbagai data yang ada pada memory internal dan mengembalikan berbagai konfigurasi ke pengaturan default.

Langkah reset juga akan sangat berguna bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman menggunakan ponsel lama layaknya pada kondisi yang baru dibeli.

Lantas bagaimanakah cara reset pada HP Xiaomi? Silahkan simak ulasan berikut ini untuk menjawab rasa penasaran Anda.

Pada umumnya cara reset pada setiap varian ponsel Xiaomi itu sama, Anda bisa melakukan reset melalui pengaturan atau dengan kombinasi tombol (factory reset).

Kedua cara reset ini cukup berjalan baik untuk berbagai ponsel Xiaomi, mulai dari xiaomi redmi 5a, redmi 4x, xiaomi 6a, redmi 4a, note 8, redmi 5, redmi 7, dan ponsel xiaomi luncuran terbaru sekalipun.

Namun sebelum masuk ke tutorial, kami memperingatkan bahwa proses reset secara otomatis akan menghapus semua data yang ada pada memori internal ponsel.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda membackup atau mencadangkan semua data penting ke Google Drive atau penyimpanan eksternal layaknya pada SD Card.

Cara Reset HP Xiaomi Lewat Recovery

Hard reset merupakan salah satu metode reset yang memanfaatkan kombinasi tombol yang akan sangat berguna pada ponsel Xiaomi dengan kondisi mati total.

Kenapa demikian? Karena hard reset bisa dilakukan dalam kondisi hp bootloop atau tidak bisa masuk ke menu.

Sebagai gantinya user hanya perlu menekan dan menahan 2 tombol tertentu untuk mulai mereset HP.

Supaya Anda tidak menerka-nerka lagi, silahkan simak cara melakukan hard reset pada ponsel Xiaomi di bawah ini.

Langkah-langkahnya :

  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel Xiaomi Anda sudah dalam kondisi mati.
  2. Kemudian, kita akan masuk ke menu Recovery dengan cara tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume atas secara bersamaan.
    Tekan Dan Tahan Volume Atas Sama Power
  3. Tekan terus dan lepas ketika telah muncul tampilan logo Xiaomi yang menandakan bahwa ponsel sudah berhasil masuk di menu Mi Recovery.
    Menu Recovery Xiaomi
  4. Setelah itu, silahkan pilih Wipe Data dengan cara tekan volume bawah.
    Pilih Menu Wipe Data
  5. Setelah warna kursor warna biru tersebut berpindah ke Wipe Data, kemudian pilih ok dengan cara tekan Power.
    Masuk Ke Menu Wipe Data
  6. Setelah Muncul menu seperti diatas, kemudian tekan lagi tombol power dan akan muncul seperti ini :
    Konfirmasi Wipe Data
  7. Selanjutnya untuk konfirmasi memulai reset, pindahkan kursor biru ke ke confirm dengan cara tekan tombol volume bawah dan tekan tombol power untuk OK.
    Mulai Confirm Wipe Data
  8. Ketikan proses reset selesai, maka ponsel akan melakukan restart secara otomatis yang setelah selesai akan kembali ke tampilan Homescreen.
    Hard Reset Dimulai
  9. Tunggu xiaomi anda hidup normal seperti waktu beli baru dulu.

Mungkin ada beberapa aplikasi bawaan yang biki xiaomi kamu lemot, coba hapus Aplikasi bawaan xiaomi yang terkadang tidak kita butuhkan tapi terinstall.

Reset HP Xiaomi Melalui Pengaturan

Cara reset HP Xiaomi lewat pengaturan ini bisa kalian pilih jika memang hp xiaomi kalian masih bisa hidup normal (tidak bootloop).

Selain itu cara ini akan sangat berguna bagi Anda jika kondisi tombol ponsel sudah tidak baik atau rusak total.

Karena dalam prosesnya sendiri, kita tidak memerlukan lagi tombol power dan volume untuk membantu install ulang sistem operasi.

Langkah-langkahnya :

  1. Silahkan Anda akses terlebih dahulu menu Pengaturan atau Setting pada ponsel.
  2. Selanjutnya silahkan pilih menu My Device.
  3. Kemudian silahkan scroll ke bawah dan pilih menu Factory Reset.
    Pilih Factory Reset
  4. Setelah itu akan muncul seperti ini :
    Menu Factory Reset
  5. Scroll kebawah dan pilih Erase All Data. Kemudian akan muncul konfirmasi apakah kalian ingip backup data dahulu atau langsung Factory Reset. Itu pilihan kalian. Tapi jika ingin langsung factory rese, langsung pilih saja Factory Reset.
    Kemudian Pilih Factory Reset
  6. Setelah itu ada pertanyaan untuk meyakinkan apakah anda benar benar ingin hard reset. Jika iya silahkan tunggu 3 detik kemudian pilih Next Step.
    Pilih Next Step
  7. Masih ada 1 lagi pertanyaan apakah Anda benar benar yakin. Jika iya pilih OK.
    Pertanyaan Terakhir
  8. Silahkan tunggu beberapa menit sampai ponsel telah benar-benar direset secara penuh.
    Proses Hard Reset
  9. Jika sudah, maka ponsel akan melakukan reboot atau restart secara otomatis untuk membuka sistem baru pada android.

Ketika ponsel telah selesai di install ulang dengan cara reset HP Xiaomi di atas, biasanya akan muncul beberapa panduan penggunaan ponsel seperti pada saat awal-awal Anda menggunakan ponsel tersebut.

Hal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mengikuti langkah demi langkah setiap perintah dari sistem guna menghindari kesalahan konfigurasi yang sering terjadi.

Selain itu, setelah proses reset berhasil dilakukan, silahkan lakukan pemulihan data yang sebelumnya telah di backup.

Baik itu melalui Google Drive atau melalui SD Card, Anda bisa merestore data-data tersebut dengan hati-hati demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

Tulis Komentar. Wajib isi Nama saja