Cara Download Aplikasi Raport K13 SMP

Untuk memudahkan dalam input nilai saat ini kurikulum K13 sudah tersedia dalam bentuk Aplikasi Raport. Download aplikasi Raport K13 dihalaman ini

Dengan kemajuan teknologi, akhirnya semua kalangan bisa merasakan manfaatnya. Tak hanya di dunia industri yang memang bersinggunan dengan komunikasi dan elektronik, namun juga di bidang pendidikan, salah satunya adalah sistem pengisian raport secara digital.

Sistem ini dikenal dengan nama Aplikasi Raport K13. Program ini sudah diterapkan untuk berbagai tingkatan sekolah.

Dimana pembahasan kita kali ini mengenai raport digital untuk Sekolah Menengah Pertama. Namun, bagaimana sebenarnya tata cara pengisian dan download raport K13 SMP tersebut?

Pengisian Raport Digital SMP

Aplikasi raport digital yang sudah digunakan di Sekolah Menengah Pertama ini menggunakan pembelajaran kurikulum 2013. Di dalam kurikulum ini, penilaian untuk para murid dikategorikan menjadi 4, yakni :

  1. Spiritual atau KI1 yang merupakan pembelajaran tentang pendidikan spiritual agar para murid mendalami dan mengenal agamanya masing-masing.
  2. Sosial atau KI2 merupakan metode pembelajaran yang memberikan arahan serta acuan untuk berbuat baik dan berguna bagi lingkungan sosial mereka.
  3. Pengetahuan atau KI3 yang merupakan penjabaran tentang ilmu pengetahuan serta teknologi yang berkembang dan juga seni budaya hingga fenomena alam yang terjadi di kehidupan sehari-hari.
  4. Keterampilan atau KI4 yang merupakan sarana pembelajaran agar siswa mampu menyajikan dan menerapkan metode pembelajaran mereka di dunia nyata.

4 penilaian kompetisi tersebut yang nantinya harus dinilai oleh tenaga pendidik bagi murid-murid mereka. Dan agar lebih mudah, maka sistem penilaian tersebut dirangkum dan hanya menggunakan metode online.

Download Aplikasi Raport K13 SMP

Aplikasi Raport K13

Berikut ini dokumen tambahan :

Panduan Penilaian

Petunjuk Penggunaan

Setiap versi dari raport digital K13 baik untuk semester 1 dan 2 sama saja sebenarnya. Hanya memiliki sedikit perbedaan dan tentu saja anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan serta versi mana yang sesuai dengan sekolah SMP anda gunakan.

Seharusnya, mempelajari pengisian raport ini tidak perlu lama. Apalagi yang dilengkapi langsung dengan panduannya.

Tata Cara Pengisian Nilai

Untuk mengisi nilai raport digital ini tidaklah sulit. Bahkan, pada dasarnya tetap sama dengan pengisian raport secara konvensional. Di dalam data raport, ada tiga kategori penilaian yang wajib diisi oleh para guru, yakni :

  • Pengetahuan
  • Sikap
  • Keterampilan

Sehingga ketiga kategori tersebut akan selalu ada didalam penilaian di setiap mata pelajaran yang telah dilalui oleh sang murid.

Karena raport digital ini menggunakan kurikulum 2013. Maka, pengetahuan para murid bisa dinilai dari angka, dilanjutkan dengan huruf serta deskripsi atau keterangan tentang kemampuan murid tersebut.

Pada umumnya, keterangan penilaian yang digunakan pada jenis raport online ini adalah :

  • 93 – 100 = A (sangat baik)
  • 84 – 92 = B (baik)
  • 75 – 83 = C (cukup)
  • <75 = D (kurang)

Selain mengisi dengan huruf dan angka di atas, diharapkan setiap mata pelajaran juga harus diisi dengan keterangan pencapaian oleh murid atau dimana kendala yang mungkin mereka alami.

Format Aplikasi Raport K13

E-raport atau raport online memang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Bahkan, program ini disambut baik oleh sekolah-sekolah di perkotaan.

Memang, penggunaannya dalam bentuk aplikasi. Hanya saja kendala seperti kesulitan akses internet di berbagai daerah pelosok. Maka format raport K13 ini dibuat dalam bentuk Excel.

Sehingga lebih mudah untuk dijadikan basic template penilaian raport secara online bagi murid-murid tersebut. Demikian penjelasan cara pengisian dan pembahasan download aplikasi raport K13 SMP, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait
Extension Idm Di Chrome
Subtitle Indonesia
Oleh Ahsan Haidar
Web Proxy Gratis
Oleh Ahsan Haidar

Tinggalkan komentar