Cara Jual Foto di Shutterstock

Kalian tertarik menjual foto di internet tetapi bingung bagaimana cara mengawalinya? Simak ulasan cara jual foto di shutterstock 2021 berikut ini

Saat ini ada banyak pilihan alternatif untuk kalian yang ingin mencari uang di Internet. Misalnya untuk kalian yang hobi fotografi, bisa menjual hasil jepretan kalian di situs microstock.

Salah satu situs Microstock yang banyak digemari sebagai tempat menjual foto adalah Shutterstock.

Menurut mereka, menjual foto di shutterstock itu hasilnya juga lumayan jika diseriusi. Ketimbang foto-foto kita terbengkalai begitu saja.

Teratrik ? Kalau begitu gimana sih cara jual foto di Shutterstock?

Sebelum kalian mulai belajar menjual foto di sana kami sarankan untuk baca urutannya berikut ini :

Buat kamu yang main youtube mungkin perlu tau cara mematikan komentar youtube biar orang orang toxic ga spam sembarangan.

Cara Daftar di Shutterstock

Gambar Shutterstock Contributor

Sebelum pada tahap menjual foto kalian di Shutterstock, maka tahap pertama yang harus kalian lakukan ialah registrasi akun terlebih dahulu. Kalian tidak perlu khawatir karena registrasi dilakukan secara gratis.

Jika kalian memang ingin mendapatkan penghasilan disini maka kalian harus memiliki paypal sebagai alat transaksi.

1. Sign Up

Form Pendaftaran Di Shutterstock

Pertama, kalian bisa buka halaman Pendaftaran Shutterstock Klik Disini.

Klik menu sign up atau get started. Kemudian silahkan isi data data yang diperlukan seperti nama lengkap, nama display dan email kalian. Jika sudah klik agree dan klik tombol next.

2. Verifikasi Email

Verifikasi Email Di Shutterstock

Langkah berikutnya yaitu silahkan buka email kalian untuk melakukan verifikasi email. Kalian bisa cek di inbox atau menu spam pesan dari Shutterstock. Kemudian klik link verifikasi email.

3. Melengkapi Data

Setelah itu kalian akan diminta memasukkan alamat mulai dari negara sampai kecamatan tempat kalian tinggal serta KTP kalian. Isilah alamat kalian secara lengkap kemudian klik next.

Pendaftaran selesai dan kalian sudah memiliki akun shutterstock. Kemudian kalian bisa lengkapi profil seperti foto profil dan sebagainya. Setelah registrasi selesai kalian bisa memulai mengupload dan menjual fotografi terbaik kalian disini.

Cara Jual Foto di Shutterstock

Setelah terdaftar sebagai kontributor, maka saatnya kalian mengupload foto foto terbaik kalian di Shutterstock. Lalu, bagaimana cara upload foto di Shutterstock? Berikut ulasannya.

Shutterstock juga menyedian aplikasi mobile yang bisa kita gunakan untuk upload gambar.

Buat yang mau coba bisa download di playstore.

1. Mulai Upload Foto

Klik Upload Content

Cara upload foto yang pertama yaitu kalian bisa lihat di dashboard kemudian klik Upload Content. Kemudian drag foto anda atau klik Select Multiple Files.

Sedangkan cara upload foto di Shutterstock di hp yaitu dengan mengklik tanda panah atas.

2. Pilih Foto

Upload Gambar Di Shutterstock

Langkah selanjutnya yaitu klik drag and drop atau select multiple files. Pilih foto yang akan kalian submit kemudian klik next. Kalian bisa mengupload sampai 15 foto untuk diseleksi oleh pihak shutterstock.

3. Isi Tag dan Deskripsi

Isi Detail Gambar

Kemudian isi tag atau keyword, kategori dan deskripsi foto. Dalam mengisi tag dan deskripsi kalian tidak boleh  mengisinya secara sembarangan ya karena bisa menyebabkan karya kalian ditolak. Kalian bisa mengisi tag sampai 50 tag agar karya kalian bisa ditemukan banyak orang.

Untuk deskripsi kalian bisa mengisinya sesuai dengan gambar yang kalian upload dengan ketentuan minimal 5 kata. Jika semua sudah diisi maka tinggal klik submit dan kalian tinggal menunggu proses review. Proses ini biasanya berlangsung selama 24 jam.

Jadi, foto yang kalian upload tidak akan langsung dijual melainkan melalui proses seleksi terlebih dahulu.

Jika karya kalian disetujui maka karya kalian akan dijual dan sebaliknya jika foto ditolak maka karya kalian tidak akan dijual. Untuk itu, kalian bisa submit foto sebanyak banyaknya.

Ketika karya kalian ditolak maka pihak review akan memberikan alasan mengapa karya kalian ditolak, jika kalian ingin menguploadnya kembali maka perbaiki kesalahan foto.

Beberapa alasan karya ditolak oleh pihak Shutterstock biasanya karena foto tidak sesuai dengan ketentuan atau isi deskripsi kurang tepat.

Ketentuan di Shutterstock Agar Foto Kita di Approve

Mungkin di awal awal foto kalian bakal sering di reject. Ini karena kalian masih belum tau beberapa syaratnya. Kesalahan paling sering adalah foto kurang fokus atau ngeblur dan sebagainya

Jadi pelajar dulu beberapa syarat upload foto di Shutterstock yang perlu kalian perhatikan agar karya kalian bisa diterima oleh pihak Shutterstock :

  • Perlu kalian perhatikan bahwa foto yang bisa diupload yaitu harus memiliki kapasitas minimal 4 MP
  • Foto yang diambil haruslah foto milik kalian sendiri ya alias tidak boleh copas
  • Usahakan ambil gambar yang umum karena jika kalian mengambil foto wajah orang atau bangunan maka kalian perlu mengisi model release dan property release.
  • Foto tidak boleh blur atau noise.
  • Jangan memfoto produk atau benda yang memiliki unsur brand. Misal foto botol coca cola.
  • Kalian bisa mengambil foto entah itu dengan menggunakan kamera maupun melalui kamera ponsel kalian.

Perhatikan ketentuan ketentuan foto yang diupload agar karya kalian tidak ditolak oleh pihak Shutterstock. Kalian bisa mencari objek foto yang umum namun dengan teknik yang tepat sehingga foto kalian mendapat komisi yang besar.

Komisi Penjualan Foto

Setiap foto yang sudah lolos seleksi akan mendapatkan komisi yang berbeda beda, per foto bisa mendapatkan komisi sekitar $0.25 USD dan bisa juga mencapai $60 USD.

Untuk komisi atau pendapatan kalian akan dikalkulasikan di akhir bulan atau setiap satu bulan sekali.

Adapun komisi yang bisa diambil yaitu ketika komisi kalian sudah mencapai minimal $35 USD.

Pendapatan akan langsung dikirim ke akun paypal kalian. Itulah beberapa cara jual foto ke internte lewat sutterstock yang bisa kalian coba.

Kalau ada hal hal yang masih ragu, silahkan submit komentar dibawah ini.

Jika kalian memiliki hobi fotografi memang lebih baik menjual foto kalian di Shutterstock, selain menyalurkan hobi kalian juga bisa mendapatkan komisi

13 pemikiran pada “Cara Jual Foto di Shutterstock”

  1. Kalau udah di approve itu, langsung auto masuk ke foto yang terjual kah? Atau ada yang perlu kita lakukan lagi? Terimakasih

  2. Setelah teraprove, foto kita baru bisa masuk ke pasar penjualannya. Seandainya ada yang mengetikan kata kunci sesuai foto kita, dan akhirnya tertarik dan membeli foto kita. Baru disanalah dinamakan foto kita terjual.

    Jadi banyakin aja dulu upload fotonya. Suatu saat kalau rejeki kita, bisa tiba tiba saldo nambah sendiri.

  3. Hallo bang. Foto saya baru di approve, nah untuk harga nya itu ditentuin dr sana atau gimana? Soalnya pas diklik fotonya 0$. Makasih bang

  4. Ditentuin dari shutterstocknya bang. Jadi nanti tiba tiba ada pemberitahuan foto kita laku berapa gitu.

  5. Ijin tanya kak…apakah dalam aplikasi kita harus mencantumkan paypal yang kita miliki ?

  6. @mas Ahsan, kalau foto sy sendiri tapi sudah pernah di upload di googlemaps dan instagram….apa masih boleh saya jual di shutterstock?

Tulis Komentar. Wajib isi Nama saja