Gboard Xiaomi Error

Gboard Xiaomi Error dapat diatasi dengan berbagai cara, mulai dari melakukan force stop, hapus data, hingga restart HP. Simak selengkapnya di artikel ini.

Salah satu keyboard yang banyak digunakan termasuk pada smartphone Xiaomi adalah Gboard, aplikasi keyboard yang dikembangkan oleh perusahaan besar Google.

Keyboard ini banyak dipilih karena terkenal ringan, simpel, namun kaya akan fitur. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan kustomisasi terhadap tampilan keyboard Gboard ini.

Namun meski begitu, tidak jarang juga Gboard mengalami berbagai Error, error tersebut kali ini terjadi di HP Xiaomi kita.

Error tersebut tentu bisa terjadi karena adanya sebuah penyebab, baik itu penyebab yang berasal dari aplikasi itu sendiri, ataupun berasal dari sistem HP Xiaomi.

Jika kamu sedang mengalami error pada Gboard di HP Xiaomi kamu, berikut ini telah kami siapkan beberapa cara untuk mengatasi Error tersebut.

Cara Mengatasi Gboard Xiaomi Error

Gboard Xiaomi Error

Berikut 3 solusi yang NetGeek berikan untuk kamu lakukan untuk mengatasi berbagai masalah error di Gboard Xiaomi.

1. Force Stop Gboard

Apabila Gboard di Xiaomi kamu macet atau bahkan tidak mau muncul, kamu bisa melakukan langkah “Force Stop” atau pemberhentian aplikasi secara paksa. Untuk melakukannya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings atau Pengaturan di HP Xiaomi kamu.
  2. Cari dan buka pengaturan Aplikasi atau App.
    Klik Apps
  3. Pada menu Apps tersebut klik menu kanan atas kemudian klik Show All Apps
    Klik Show All Apss
  4. Kemudian cari dan pilih Gboard.
    Search Gboard
  5. Lalu pada langkah ini, silahkan tap tombol Force Stop.
    Klik Force Stop
  6. Jika muncul popup klik tombol OK.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, silahkan coba gunakan kembali Gboard untuk mengetik, apakah masih terjadi error atau tidak.

Jika ternyata masih error, silahkan lanjut lakukan cara lain di bawah ini.

2. Hapus Cache dan Data Gboard

Gboard yang tiba-tiba error, macet, lag, dan tidak merespon juga dapat terjadi karena adanya sebuah kesalahan data pada aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan cache sekaligus data aplikasi Gboard terlebih dahulu. Berikut caranya:

  1. Buka Pengaturan. Lalu buka Aplikasi.
  2. Cari dan buka aplikasi Gboard.
  3. Pada pengaturan aplikasi Gboard, silahkan pilih Hapus Cache dan Hapus Data.

Setelah kamu selesai menghapus cache dan data aplikasi Gboard tersebut, silahkan dicoba apakah aplikasi sudah bisa berjalan dengan lancar atau belum.

3. Reboot HP Xiaomi

Selain disebabkan karena masalah yang terjadi pada pada aplikasi itu sendiri, Gboard yang mengalami error juga ternyata bisa terjadi karena adanya kesalahan pada sistem.

Jadi untuk mengatasinya, silahkan coba mulai ulang atau reboot perangkat Xiaomi kamu. Melakukan restart ini terbukti bisa mengatasi berbagai masalah sistem yang terjadi.

Gunakan Alternatif Keyboard Lain

Apabila kamu sudah melakukan berbagai cara termasuk ketiga cara di atas namun Gboard masih tetap saja error, sebaiknya gunakan saja aplikasi keyboard lain.

Kamu bisa menemukan berbagai aplikasi keyboard yang tidak kalah menarik dari Gboard di Google Play Store. Silahkan buka dan cari sendiri.

Sekian artikel mengenai cara untuk mengatasi Gboard Error di HP Xiaomi, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar.

Tulis Komentar. Wajib isi Nama saja