Chrome Default Browser Di Xiaomi

Secara bawaan browser yang digunakan oleh Xiaomi memanglah bukan Chrome, walaupun di hp xiaomi tersebut sudah terinstall Chrome.

Hal ini biasanya akan sedikit merepotkan ketika kita sedang membuka link misalnya dari WA, Instagram, atau facebook maka akan otomatis membuka browser bawaan.

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan chrome tentu akan lebih jika otomatis membuka chrome saja.

Nah tenang saja ternyata setting default itu bisa dirubah.

Gimana sih cara menjadikan chrome sebagai browser default di xiaomi, simak tutorial berikut ini :

Cara Setting Default Browser ke Chrome di Xiaomi

Sebagai catatan disini saya menggunakan MIUI 12. Begini cara menjadikan chrome sebagai default browser :

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu Pengaturan.
  2. Berikutnya scroll kebawah dan cari menu Apps.
    Klik Setting Dan Apps
  3. Berikutnya Klik Manage Apps.
    Klik Manage Apps
  4. Klik ikon titik tiga di kanan atas, dan pilih Default Apps.
    Klik Default Apps
  5. Kemudian Pilih Browser.
    Klik Browser
  6. Langkah terakhir klik ikon Chrome, lihat gambar dibawah ini :
    Klik Chrome
  7. Selesai.

Baca juga Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Xiaomi biar bisa pantau ada yang download dibelakang layar.

Kalian juga bisa mengatur default apps untuk aplikasi lain disini.

Untuk di MIUI 11 tidak jauh terlalu berbeda, hanya saja setelah klik pengaturan langsung ada menu manage Apps, ini skrinsutnya :

Di Miui 11

Browser chrome sendiri menurut kami memang layak untuk dijadikan browser utama/default. Pertimbangan saya adalah karena fiturnya yang sangat lengkap.

Misalnya saja fitur sinkron history browsing dari chrome desktop ke chrome mobile. Jadi saya bisa dengan sangat mudah melanjutkan pekerjaan dari chrome desktop ke hp.

Fitur selanjutnya adalah fitur simpan password. Saya sepenuhnya mempercayakan password akun akun saya kepada chrome karena ia adalah besutan google. Sampai detik ini google benar benar menjaga privasi kita.

Tab Group juga sangat membantu, jadi saya bisa dengan mudah mengelompokan situs yang saya akses berdasarkan jenisnya.

Selain itu chrome juga selalu melakukan update, update tersebut tentunya bertujuan untuk menutup kekurangan dan menambahkan fitur baru. Jadi selalu jaga chrome kalian agar selalu terupdate ya.

Saya juga sangat terbantu dengan kolaborasi fitur MIUI nya xiaomi dengan chrome tab. Xiaomi selalu berkomitmen untuk mengembangkan antar muka android miliknya yang diberi nama MIUI. Untuk saya sendiri MIUI sangat mudah dipahami dan digunakan, selain itu semua fitur miui ini memudahkan pekerjaan sehari hari.

Misalnya pada fitur bawaan yakni ShareMi. Fitur ini memudahkan saya berbagi file dari hp xiaomi ke Laptop melalui koneksi hotspot atau disebut juga tethering.

Apalagi untuk MIUI 12 yang terbaru ini menurut pihak Xiaomi dibuat lebih ngebut. Dan menurut saya memang terasa bedanya, selain itu juga antar mukanya terlihat lebih fresh dan Modern.

Nah itulah tadi cara membuat chrome menjadi default browser di hp xiaomi. Jika ada saran atau pertanyaan silahkan tuliskan komentar dibawah ya, biar yang lain juga bisa diskusi/