Cara FYP di Tiktok, Lakukan 8 Syarat Ini Agar Video Viral

Istilah FYP (for your page) bagi pengguna baru Tiktok, tentu sangat asing. Namun bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan Media Sosial Tiktok, FYP sudah menjadi bagian penting dalam mendukung berkembangnya konten dan followes kalian ya.

Tiktok telah mengatur jam khusus dan terbaik yang bisa kalian gunakan serta manfaatkan dalam mengunggah konten video di Tiktok.

Eitss Stop Dulu. Kamu biasa pakai GB Whatsapp atau Whatsapp mod gak? Kalau iya ini kami ada update terbaru: Klik GB Whatsapp Terbaru

Dengan mempelajari dan memperhatikannya baik – baik, kalian akan berhasil menciptakan peluang pundi – pundi rupiah di Tiktok.

Menurut pengalaman banyak konten kreator di Tiktok yang telah berhasil, Tiktok mempunyai waktu terbaik untuk mengupload video.

Dengan memperhatikannya, intensitas viewers hingga 3 kali lipat dari waktu – waktu lainnya.

Video yang berhasil masuk FYP, akan sering dilihat oleh banyak pengguna Tiktok, karena memang disuguhkan di laman utama aplikasi Tiktok.

Berbagai video yang kalian temukan pertama kali saat membuka aplikasi Tiktok merupakan deretan video yang berhasil masuk di FYP.

Lantas bagaimana caranya agar video kalian bisa viral dan masuk FYP di Tiktok?

#1 Riset Konten

Riset Konten

Sebelum memutuskan untuk membuat konten apa, kalian bisa riset dahulu jenis konten apa yang saat ini sedang trending.

Kalian bisa mengemas ulang konten tersebut dan kalian tambahkan ide ori yang unik. Dengan demikian orang akan menganggap konten kalian lebih bagus walau itu hanya mengemas ulang konten yang sudah ada.

Sebelum waktu FYP tiba, sebaiknya kalian sudah siapkan konten video terlebih dahulu agar proses upload di waktu – waktu FYP tiba, kalian bisa langsung menguploanya.

Mengingat waktu FYP banyak menjadi sasaran konten kreator, tak jarang banyak terjadi kendala saat proses upload dilakukan. Sangat disarankan, konten video sudah disiapkan terlebih dahulu.

#2 Perhatikan Waktu Terbaik

Jadwal Fyp Tiktok Updated

Waktu FYP di TikTok tergantung waktu dimana user mulai rame menggunakan TikTok. Misalnya pada waktu istirahat siang, waktu prime time antara jam 7 malam sampai pukul 9. Karena pada waktu tersebutlah netizen ada waktu untuk bermain media sosial.

Untuk siang hari, waktu terbaiknya adalah mulai pukul 12.00 hingga pukul 13.00. Sore hari, waktu terbaiknya adalah pukul 16.00 dan saat malam hari dimulai pukul 19.00 hingga pukul 23.00.

Lebih lengkapnya baca di Jadwal FYP Hari Ini

#3 Perhatikan Caption yang Kalian Gunakan

Caption Tiktok

Keberadaan caption sangat berpengaruh pada kualitas konten yang kalian buat.

Caption yang unik dan menarik, mampu menyedot dan memperdaya pengguna lain untuk mengklik video kalian.

Buatlah juga caption yang menarik komentar netizen, misalnya “Kalau kalian bagaimana?” “Bagus gak gaes?” dan sejenis itu.

#4 Buatlah Video yang Mampu Meningkatkan Engagement

Komentar Tiktok

Untuk bisa meningkatkan engagement, tentu saja kalian wajib membuat konten yang unik dan original, sehingga para penikmat konten selalu setia menanti konten – konten yang kalian buat.

Pancing user untuk melakukan komentar atau menanyakan sesuatu terkait konten tersebut. Biasanya konten yang membuat penasaran akan memancing engagement lebih tinggi.

#4 Lakukan Kolaborasi

Kolaborasi dengan kreator lain juga mampu meningkatkan peluang masuk FYP.

Apalagi jika kalian bisa berkolaborasi dengan pengguna lain yang telah populer di Tiktok, tentu akan mampu mendongkrak viewers konten video kalian.

Kolaborasi ini menjadi strategi yang sangat berdampak terhadap akun kalian. Karena seolah olah kalian menggabugnkan 2 fans dari konten 2 orang konten kreator, yakni fans partner kolab kalian dan fans kalian sendiri.

#5 Ikuti Tren

Tren menjadi momok yang cukup penting untuk mengviralkan sebuah konten video. Jika kalian ingin video kalian cepat viral, sebaiknya pelajari tren video viral lain setiap harinya.

Itu bisa kalian gunakan sebagai pedoman saat membuat konten.

Selain mengikuti tren kalian bisa juga menciptakan tren tersendiri. Namun ini dibutuhkan upaya yang tidak mudah, karena kalian harus benar benar membuat konten yang terbaik.

Dengan begitu konten kreator lain akan mulai mengikuti dan kalian bisa saja mendapatkan konten stitch atau konten kalian dikutip orang lain. Hal ini selain berpeluang ke FYP juga akan menambah follower juga.

#6 Pakai Backsound Yang Sedang Trending

Seperti yang sudah kita rasakan bahwa adanya backsound/Musik akan membuat konten menjadi lebih menarik.

Kalian harus pandai – pandai memilih backsound ya. Usahakan menggunakan backsound yang sedang populer dan hangat – hangatnya.

Selain itu juga kalian harus pilih backsound yang sesuai dengna isi konten, jika tentang semangat maka musik juga harus dengan beat yang memicu semangat juga.

#7 Gunakan Hashtag

Pencarian dengan menggunakan hashtag banyak digunakan oleh pengguna medsos. Kalian juga wajib menyisipkan hashtag menarik pada konten video yang kalian buat.

Misalnya ini :

#foryoupage
#foryou
#viral
#follow

#8 Berinteraksilah

Melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok lain juga sangat diperlukan agar video kalian bisa segera masuk FYP Tiktok.

Interaksi ini maksudnya balas komen atau komentar ke akun lain juga.

Dengan memanfaatkan FYP di Tiktok, video kalian akan mempunyai peluang besar untuk bisa viral dan ditonton jutaan pengguna lainnya.